Sabtu, 13 Mei 2017

Cara Mengatasi Data yang Hilang

Data yang ada dalam sebuah hardware yang biasa kita gunakan disembarang tempat biasanya akan mengalami kehilangan data. Meskipun kita tidak menghapusnya, jika anda menanyakan hal ini ke teman anda kemungkinan besar jawabannya adalah virus. Namun jika hal itu terjadi dengan alasan virus atau apapun, tenang saja. Anda tak perlu repot repot memperbaiki komputer kepada jasa service yang sebenarnya bisa anda perbaiki sendiri. Dalam kasus ini, data yang hilang adalah ketika pengecekan dalam data komputer terlihat bahwa ada data didalamnya, seperti ini:


Namun sayangnya, ketika anda ingin membuka dokumen tersebut malah ini yang terjadi:


Pada awalnya mungkin akan terllihat sebuah masalah yang hebat, karena saya yakin data yang ada pada flashdisk anda sangatlah penting. Jika tidak, mungkin anda sudah mebuangnya atau membeli yang baru dan tidak mungkin membaca artikel ini hanya untuk memperjuangkan isi data yang kurang penting, kecuali anda memiliki kesan tersendiri dengan flashdisk tersebut. Bukan begitu?
Dalam penyelesaian masalah ini, saya menggunakan aplikasi SMADAV2015 REV. 10.3 karena versi tersebut yang ada dalam laptop ini. Saya belum pernah mencoba menggunakan versi terbaru, tapi saya sarankan untuk mencobanya karena saya yakin pembaruan dari pihak smadav merupakan penyempurnaan dari versi sebelumnya.
Berikut adalah pemaparannya:

Cara Mengatasi Data yang Hilang 

1.Bukalah Aplikasi Smadav

Centang hardware yang anda maksud untuk melakukan pengembalian data. Namun, anda dianjurkan pula untuk mencentang bagian System Area agar hasil sempurna. Setelah itu, silahkan klik Scan untuk memulai proses.

2.Tunggu Proses Hingga Selesai

Setelah di klik bagian scan, tunggu beberapa detik lalu akan muncul kolom seperti berikut :


3.Pemberitahuan Persetujuan

Setelah melakukan proses scan atau yang disebut dengan scaning maka, smadav akan memberitahu anda bahwa hardware yang anda scan tadi sedang dalam keadaan kuramg baik, anda diharuskan untuk menekan tombol OK yang sudah saya tandai dengan warna merah. Lebih cepatnya, anda dapat menekan tombol enteruntuk lebih cepat.


Setelah itu, maka pada bagian atas terdapat toolbar seperti berikut, lalu kliklah bagian File Tersembunyi

4.Unhide

Tahap ini merupakan proses akhir yang akan mengembalikan data anda, pada bagian ini anda akan melihat tampilan seperti dibawah ini. tahap selanjutnya yang perlu anda lakukan hanyalah menekkan tombol Unhide All supaya data yang hilang kembali seperti semula. Tutup aplikasi smadav, kemudian buka dalam file manager untuk memastikan data anda sudah kembali.

0 komentar:

Posting Komentar