Senin, 08 Mei 2017

Cara memotong gambar


Sedang menjadi trend bagi kalangan anak muda pengguna instagram memotong gambar menjadi beberapa bagian dan mengirim dalam potongan yang berbeda, namun ketika terlihat akan menjadi suatu kesatuan yang utuh seperti berikut:

Nah, jika anda ingin melakukan hal serupa banyak cara yang bisa dilakukan tapi saya sarankan untuk menggunakan aplikasi photoscape agar lebih rapih dan mendapatkan hasil yang maksimal. Aplikasi photocape menyuguhkan banyak fitur pengedit foto yang lengkap, salah satunya adalah pemotong gambar. Sebenarnya dalam handphone seperti aplikasi Galeri dapat memotong gambar namun hanya sebatas memotong hal yang ingin dibuang, tapi tidak dengan photoscape.
Photoscape dapat memotong gambar menjadi beberapa bagian bukan bagian lain yang dibuang, tapi tool pemangkas juga tersedia dalam aplikasi ini. karena yang akan kita bahas adalah cara memotong gambar, mari kita lihat cara penggunaannya.
1.       Bukalah aplikasi photoscape
Dalam pelaksanaan pemotongan gambar ini saya menggunakan photoscape v3.4 karena versi tersebutlah yang ada didalam  laptop ini, saya belum pernah menggunakan versi yang lebih baru dari ini, tapi sangat di sarankan untuk mengunduh versi terbaru di photoscape.org karena dari pihak photoscape pasti versi terbaru adalah penyempurnaan dari versi sebelumnya. Setelah membuka photoscape akan muncul tampilan seperti ini:

Silahkan klik splitter, untuk memulai proses pemotongan
1.       Pilih Gambar
Klik bagian Add pada tabel tersebut lalu cari dimana anda menyimpan foto yang anda ingin potong. Jangan khawatir, dalam pemotongan ini tidak perlu menyalin foto sebelumnya agar tidak hilang. Karena aplikasi ini akan menggandakan secara otomatis, jadi foto yang anda potong akan tetap aman, dan hasil dari potongan akan tersimpan dalam versi baru ditempat yang anda inginkan.

Split

Setelah gambar ditambahkan akan muncul kolom seperti ini, anda diarahkan untuk memilih bagian Col, Row (Colums & Rows)  dalam pengisian kuantitas atau jumlah itu tergantung selera anda sendiri jika anda ingin memotong menjadi 9 bagian silahkan isi bagian tersebut dengan angka 3. Jika anda ingin menjadi 8 bagian tapi tidak tahu harus mengisi dengan angka berapa tidak perlu takut, silahkan anda coba angka acak karena setiap input atau masukan angka yang anda tulis aplikasi secara otomatis akan mensimulasi data ke bentuk seperti gambar disamping yaitu garis-garis tempat nanti pemotongan. Setelah pengisian tersebut lalu klik split yang telah saya tandai.

Pilih Lokasi penyimpanan

Seperti yang telah saya katakan tadi, penyimpanan dapat disesuaikan sesuai dengan yang anda mau. Silahkan klik Create your output folder under the original photo untuk menyimpan foto didalam folder baru khusus aplikaisi ini. jika anda ingin menyimpanditempat sesuai yang anda minta, silahkan klik pada bagian save your split photos in the designated folder. Lalu, klik bagian ... dan pilih dimana anda ingin menyimpan. 

Foto selesai dipotong

Silahkan anda cek dimana anda menyimpan, dan lihatlah hasilnya. Tak lupa untuk mengunggahnya, bukankah niat awal anda begitu hehe




0 komentar:

Posting Komentar